Wednesday, January 18, 2017

AIR TERJUN JURUG KEMUKUS BERTINGKAT TIGA

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 1

Ternyata ada air terjun super keren lho gaeesss.... Namanya air terjun JURUG KEMUKUS. Tempatnya di Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 
Yang bikin istimewa air terjun ini bertingkat tiga, masing-masing tingkat tingginya 30-40 meter. Biarpun musim kemarau airnya tetap deras. Apalagi kalau musim hujan, derasnya arus bisa menciptakan kabut (kukus) yang membumbung tinggi di sekitar air terjun. Karena itu tempatnya dinamai air terjun JURUG KEMUKUS.

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 2


Air terjun ini bisa dibilang baru ditemukan lho gaeesss.... Sebelumnya jarang banget ada orang yang tau keberadaan air terjun JURUG KEMUKUS. Para pemuda desa setempat baru membuka akses jalan setapak menuju air terjun sebagai tempat wisata dan rekreasi pada tahun 2016 lalu.

Saya sendiri pertama kali ke sana pada tanggal 5 Maret 2016. Saat itu, saya dipandu oleh Mas Wahyu dan Mas Alex, pemuda Desa Purwoharjo yang mengorbitkan air terjun itu ke khalayak ramai.

Air terjun Jurug Kemukus tingkat 3


Air terjun JURUG KEMUKUS ada di Kabupaten Wonogiri bagian timur.

Rutenya : Dari Kecamatan Baturetno ke arah timur sekitar 18 kilometer sampai ke Kecamatan Karangtengah. Dari Kecamatan Karangtengah, ke arah timur lagi sekitar 7 kilometer sampai ke Dusun Ngampel. Habis itu jalan kaki sekitar 1 kilometer sampai ke air terjun tingkat paling bawah.

Kalau mau langsung ke air terjun tingkat paling atas, kita bisa ambil jalur lewat Dusun Ngijo. Dari Dusun Ngijo, kita cukup jalan kaki menuruni bukiit sekitar 700 meter dan langsung bisa menikmati keindahan JURUG KEMUKUS tingkat pertama.

Baca juga : Air Terjun Kedung Lare Wonogiri
Baca juga : Air Terjun Kedung Jimbar Wonogiri 

Kita mungkin bakalan ngos-ngosan buat jalan kaki ke air terjun, apalagi buat yang nggak biasa blusukan ke hutan dan naik-turun gunung. Tapi, sesampainya di air terjun, kamu pasti bakal bilang "Wow..." terus mainan air, kongkow-kongkow di atas batu-batu segede gaban, foto-foto trus diupload. Pasti bikin ngiri temen-temen kamu.... hehehe.
Keren kaaannnn.....

No comments:

Post a Comment

Jati-jati Raksasa di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri

Pohon Jati di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Pohon Jati Berlubang di Cagar Alam Donoloyo Wonogiri Cagar Alam Donoloyo di Desa Watusomo, Keca...

BERITA TERPOPULER